Sunday 25 December 2011

SHIPPING EDUCATION (Stabilitas)

Stabilitas
3. Sebuah kapal muat dipelabuhan sungai pada daerah Summer dengan Bj=1.009 sarat rata2 =6.95 m jika summer draft = 7.15m FWA= 116mm. TPC= 18t/m. Pemakaian BBM dan FW selama pelayaran ke kalut = 35t
Hitung: maximum muatan yang dapat dimuat ?
Diketahui: Summer Draft = 7.15m
Sarat awal = 6.95m
Bj pelabuhan=1.009
FWA = 116mm
TPC = 18t/cm
Consump = 35 t
Jawab: DWA = FWA x 1.025-1.009 = 166 x 0.016
1.025-1.000 0.025
= 74.24mm (0.0742m)
Summer Draft = 7.15m
DWA = 0.074
Sarat max. = 7.22m
Sarat awal = 6.95m
Δ sarat = 0.274m(27.4cm)

TPC(s) = 18 x 1.009/1.025 = 17.72
W = Δsarat x TPC (s) = 27.4 x 17.72
= 485.53t
Consumption = 35t
Max. Cargo to Load = 520.53t


4. Kapal tiba dipelabuhan dengan displacement 8200t pada sarat 6.40m KG= 6.2. memuat : 3600t berat di LTD. KG =6.5m Bongkar: 200t Plat Besi di LH KG =3.5m. Isi air tawar di APT 200t KG =2.5m Bila TPC=20 KM= 8.0m
Ditanya: a. Sarat rata2 kapal setelah kegiatan
b. GM akhir
Jwab:
W kg Moment
+ 8200 6.2 50840
+3600 6.5 23400
+200 2.5 500
- 200 3.5 - 700
Σ W= 11800t Σ M= 74040
KG1 = 74040 = 6.27m
11800
b. GM = KM – KG1 = 8.0 – 6.27 = 1.73m (GM akhir)

a. Muat = 3600t + 200
Bongkar = 200
W = 3600t
Δ sarat = W/TPC= 3600/ 20 = 180cm (1.8m)
Sarat akhir = Sarat awal + Δ sarat = 6.40 + 1.8
= 8.20m


5. Berat benaman sebuah kapal 5000t KG = 7.5m GM = -0.06m Agar GM kapal menjadi +0.3m akan diisi pada tangki dasar berganda dengan air laut Bj= 1.025 sampai penuh semula terisi ¼ bagian. Tinggi tangki dasar berganda tsb 1.2m
Ditanya: a. Berapa ton air ballast yang dapat di isi
b. Volume tangki ballast tsb.
Jawab: GM akhir = 0.3m
GM awal = -0.06m
GG1 = 0.36m
KG awal = 7.5m
KG akhir = 7.14m

W kg moment
5000 7.5 37500
X 0.75 0.75x
Σ w = 5000 + x Σ m = 37500 + 0.75x
7.14 = 37500 + 0.75x
5000 + x
35700 + 7.14x = 37500 + 0.75x
7.14x – 0.75x = 37500 – 35700
6.39x = 1800
X = 281.69 ton
b. Volume tangki ballast = 281.69/1.025 = 274.82m3

6. Berat benaman sebuah kapal 4617t KG= 8.2m mengadakan kegiatan muat sbb:
Muat pada TD atas senanyak 3000t dengan KG= 10m
Muat pada TD bawah sebanyak 3000t dengan KG 7.0m
Muat pada LH sebanyak 3500t dengan KG =3.3m
Isi BBM dan FW = 761t dengan KG =0.6. GM akhir yang di inginkan adalah: 1.0m
Ditanya: Berapa banyak muatan yang harus dipindahkan
dari LH KG = 3.3m ke TD atas KG = 10m bila
diketahui KM = 8.0
Jawab:
W kg Moment
4617 8.2 37859.4
3000 10 30000
3000 7.0 21000
3500 3.3 11550
761 0.6 456.6
Σ W = 14878 Σ M = 100866
KG1 = 100866/14878 = 6.779m
GM = KM –KG = 8.0 – 6.779 = 1.221m
GM = 1.221m
GM1= 1.0
GG1= 0.221m
GG1 = W x dv
Δ
0.221 = w x 6.7
14878
3288.038 = 6.7w
W = 490.75t

2. Jelaskan:
a. Pemberian nomor/tanda pada plat (kulit kapal)
Tanda pada lajur: Pemberian tanda pada lajur biasanya dimulai dari bawah (lajur pengapit lunas) terus keatas secara alphabethis, A,B,C, dst kecuali I.
Nomor pada lajur: Pemberian nomor pada plat lajur2 tsb secara berturut dari belakang kedepan atau boleh juga dari depan ke belakang.

b. Fungsi Double Bottom:
  Bila kapal kandas/bocor masih ada dasar kedap air.
  Sebagai ruangan muatan cair, air tawar, bahan bakar, ballast dsb.
  Dengan air ballast dapat membantu mengatur stabilitas kapal. Dan baling2 serta daun kemudi dapat bekerja lebih baik.
Menambah kekuatan melintang Kapal.

c. Fungsi Sekat Kedap Air:
  Membagi kapal atas kompartmen2, dgn sendirinya membagi tekanan kebidang yang lebih luas
empertinggi keselamatan kapal, terutama bila mendapat kerusakan khususnya dibawah permukaan air/didekatnya (mis: kandas, tubrukan, dll)
  Mempertinggi keselamatan dan kekuatan melintang kapal
Membatasi/melokalisir bahaya2 kebakaran disalah satu compartment/ penggenangan sesudah salah satu compartment mengalami kebocoran.

1. a. Tunjukkan pada gambar letak:
a. Gading-gading cermin
b. Gading-gading simpul
c. Gading-gading buritan/gading2 nol
d. Gading-gading haluan
e. Sekat pelanggaran dan sekat ceruk belakang.

3.

W KG Mo Dist of COF Mo to change
By head By stern
8700 7.2 62.640 - - -
-100 8 -800 34.4 3440 -
-500 9 -4500 14.4 7200 -
+150 1 150 49.6 7440 -
ΣW=8250 ΣMo=57490 18080

KG’ = ΣMo
ΣW
KG’ = 57.490
8250
= 6,97 m
GM = KM – KG’
= 7,75 – 6,97
= 0,78 M
Cargo di bongkar = 600
Cargo dimuat = 150 –
Δ W (bongkar) = 450 ton

Bodily rise = 450 = 21,89 cm = 0,22 m
20,55
COT = 18,080 = 115,89 cm = 1.16 m
156
COD Af = 74,4 x 115,89 = 59,87 cm
144
= 0,598 m
= 0,6 m
COD fwd = 115,89 – 58,87 = 56cm = 0,56 m

Initial Draft F = 5,0 A= 5.20
Bodily Rise F = 0,22 A = 0,22 ¬_
F = 4,78 A = 4,98
COD F = 0,56 A = 0,6 ¬ _
Final Draft F = 5,34 m A = 4,38 m
pipmakasar

No comments: