Monday 23 April 2012

Cara Merawat Hard Disk


Cara Merawat Hard Disk

Berikut ini akan diterangkan bagaimana agar hard disk bisa lebih awet dan tahan lama.
Harddisk adalah komponen penting yang ada dalam komputer atau laptop. Fungsi hard disk adalah untuk media penyimpanan utama mulai dari menyimpan sistem operasi , software , dan data .
Berikut tips cara – cara merawat harddisk internal dan harddisk eksternal komputer :
* HARDDISK INTERNAL :
1. Untuk mencegah crash dan menjaga agar harddisk tetap bekerja dengan baik dan stabil hendaknya gunakan kabel SATA / IDE yang masih bagus karena hal ini akan mempengaruhi kinerja harddisk secara keseluruhan .
2. Gunakan Fan tambahan yang di pasang di bawah slot casing harddisk atau pada harrdisk untuk menjaga suhu harddisk agar stabil dan tidak cepat panas .
3. Lakukan Defrag harddisk setiap 1 minggu sekali apalagi jika anda sering melakukan pemindahan , penambahan , dan penghapusan data anda harus sering – sering melakukan defrag agar terhindar dari bad sector .
4. Jangan sering mematikan komputer dengan cara mencabut kabel daya atau kabel power apalagi ketika harddisk sedang beroperasi itu akan berakibat fatal dan akan berakibat rusaknya komponen harddisk .
* HARRDISK EKSTERNAL :
1. Hindari jangan sampai harddisk eksternal anda jatuh dan mengalami benturan yang keras itu bisa menyebabkan kerusakan pada salah satu komponen harddisk terutama kepingan cd di dalamnya yang akan berakibat fatal.
2. Gunakan pelindung harddisk eksternal seperti dompet , tas , dll untuk mengurangi resiko – resiko seperti terkena zat cair maupun untuk mengurangi efek benturan .
3. Bisa gunakan cooler harddisk eksternal juga agar suhu pada harddisk eksternal stabil .
4. Tidak hanya pada harddisk internal saja kita melakukan defrag tetapi pada harddisk eksternal juga sangat perlu karena harddisk eksternal memiliki tingkat rasio perubahan data yang lebih tinggi di bandingkan dengan harddisk internal .
5. Selesai menggunakan Harddisk eksternal jangan langsung cabut biasakan eject dulu atau gunakan safety remove and eject media yang berada pada pojok kanan windows kita setelah itu baru cabut.
Inilah tips cara merawat hard disk. Untuk cara mempercepat kerja hard disk disini sedangkan untuk mengatasi hard disk yang bad sector disini

No comments: