Friday 17 May 2013

UINVEST Tips membeli msaham

Beberapa tips yang saya rasa perlu diketahui oleh para Uinvestor diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Usahakan beli saham perdana/awal. Cara mengetahuinya yaitu masuk ke menu asset management --> invest project, kemudian intip-intip projek yang ada. Pilih salah satu projek yang mau diperiksa, untuk mengetahui apakah proyek itu masih saham perdana lihat pada kolom Who wants to buy shares, bila posisi paling atas adalah INCA atau ISLD maka saham itu masih dengan harga perdana - intinya harga yang dilepas INCA dan ISLD adalah harga perdana. Selain itu biasanya uinvest selalu mengirimkan pemberitahuan via email mengenai projek baru yang akan mereka pasarkan. Anda juga bisa diskusikan dengan upline Anda atau tanya-tanya di forum.
  2. Keuntungan membeli saham perdana adalah harga lebih murah sehingga ROI akan lebih tinggi, mudah menjualnya dikemudian hari (bila banyak demand) dengan harga yang kompetitif dan terakhir ketika kontrak telah habis maka saham akan dibeli dengan harga perdana tersebut sehingga modal benar-benar kembali 100%. Kekurangannya bila project terlalu lama startnya maka Anda akan menunggu lebih lama lagi untuk mendapatkan earning sebab hanya project yang sudah start yang akan mulai menghasilkan earning sebulan setelah start.
  3. Bila Anda tidak mendapatkan harga perdana paling tidak belilah dengan harga yang tidak terlalu tinggi dari harga perdana atau dengan ROI yang masih bagus berkisar 8-10% bila lebih tinggi lagi lebih bagus.
  4. Bila saham tersebut sudah dilepaskan ke pasar maka untuk melihat harga perdananya dapat dilihat di kolom Who wants to buy shares kemudian cari pada INCA atau ISLD. Mengapa harus INCA atau ISLD? Sebab keduanya merupakan market maker di pasar Uinvest. Khusus saham GUN, harga perdana dapat dilihat di Gun Project.
  5. Sebelum membeli sebaiknya lihat dulu masa kontrak project yang akan kita beli - jangan semata-mata melihat harga saham yang murah Caranya setelah kita memilih proejct yang ingin kita beli kemudian pilih info. Contoh bila kita memilih saham Bungalow maka kita akan melihat data sebagai berikut : 

Status : Waiting for a start Credit agreement to be signed
Location : Netherlands, South Holland
Business : Bungalow
Years in business : 4 years
Amount needed : $110,000
Earnings monthly: $4,700
Investment period: 5 years
Project starts on: Not started yet

Periode investasi project tersebut memang lumayan lama 5 tahun namun sayangnya project tersebut belum start.

Coba bandingkan dengan yang ini,
Status : Verified
Location : Ukraine, Kirovogradska obl.
Business : Elevator
Years in business : 12 years
Amount needed : $228,000
Earnings monthly : $34,800
Investment period : 4 years
Project started on : 09/12/2011

Periode investasi project Elevator tersebut lumayan lama 4 tahun dan sebagai catatan project tersebut sudah berjalan setahun lebih jadi masih tersisa waktu kurang lebih 3 tahun.

Mengapa harus melihat masa kontrak? Agar jangan sampai ketika kita membeli saham ternyata masa kontraknya hanya tinggal 1 atau 2 bulan saja.

Akhir kata selamat mencoba ya ^_^

No comments: